Posted in Android, emulator, Games, Internet

Alternative Joystick untuk Samsung Galaxy Note 2


Android saat ini menjadi platform yang banyak didukung oleh produsen game, terlihat dengan banyaknya game yang sudah di publish di playstore. Mulai dari yang paling sederhana sampai yang kompleks.

Gaming experience di android pun semakin mendekati console sekalipun. Namun untuk mendapatkan experience ini tentu ada beberapa hal yg diperlukan, selain spek dari smarphone sendiri yang harus tinggi, salah satu kunci lainnya yaitu game pad.

Banyak produk gamepad yang sudah beredar di pasaran, salah satu yang menarik perhatian saya yaitu Moga Controller dari http://www.mogaanywhere.com seharga $49,
image

namun di Indonesia barangnya sangat jarang, saya hanya menemukan di bukalapak.com dan harga jualnya sekitar 800ribu.

Mahal ya, 800 ribu untuk gamepad android. Namun saya memiliki alternative untuk mendapatkan gaming experince yang hampir sama dengan menggunakan moga controller.

Modalnya cuma 1/10 nya, cukup 80 ribu saja. Gmana? Cek gambar berikut:

image

Kebutuhannya:

1. USB otg (harga max 30 ribu)
2. Standard USB joystick, banyak di toko komputer (harga kisaran 50 ribu)

Taraaaa… Pasang dan done,

image

image

Di Gnote 2, joystik ini saya kombinasikan dengan emulator PSX yaitu FPse di android. Dibutuhkan setingan mapping gamepad yg tidak begitu sulit dilakukan sebelum menjalankan gamenya.

image

Untungnya di Gnote 2 USB Joystik ini bisa langsung dikenali dan langsung dapat berfungsi layaknya mouse, berbeda dengan Experia Z, saya mencoba konfigurasi yg sama dengan , namun belum berhasil karena experia z tidak bisa mengenali USB joystick yg saya gunakan. Kemungkinan besar adalah tidak adanya driver USB joystick itu pada experia z.

7 thoughts on “Alternative Joystick untuk Samsung Galaxy Note 2

  1. mas.saya pake samsung note 2.apa apa aja yang perlu di setting mas?
    dan fersi android nya harus apa?
    saya butuh jawaban nya mas

    kalau pakai stick ps 2 bisa gak mas?

  2. mas.saya pake samsung note 2.apa apa aja yang perlu di setting mas?
    dan fersi android nya harus apa?
    saya butuh jawaban nya mas

    kalau pakai stick ps 2 bisa gak mas?

Tinggalkan Balasan

